PROPOSAL
USAHA
RICKA HIJAB
NAMA ANGGOTA
:
1. Devi Permatasari 12214828
2. Eka Fitriani 13214422
3. Melisa Dwi S. 16214575
4. Raden Roro Y. 18214710
5. Ricka Marliyani 19214253
6. Sri Dewi Sekar 1A214425
KELOMPOK : 1
KELAS : 4EA36 /
Manajemen
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Usaha baju muslimah dan
hijab cantik mulai menjamur dikalangan para wanita muslim. Hal ini terjadi
karena kebutuhan busana muslimah dan hijab yang meningkat tajam. Apalagi untuk
event-event tertentu seperti ketika akan memasuki masa bulan Ramadhan dan
menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Banyak wanita dan remaja putri
yang mengenakan baju muslim dan hijab untuk mempercantik penampilan mereka
ketika bersilaturahmi kepada sanak keluarga.
Hijab dan kerudung
tidak lagi hanya sekedar penutup kepala. Tetapi jilbab dan kerudung tersebut
sudah menjadi suatu keharusan dalam menciptakan penampilan yang modis dan
menarik. Hal ini terlihat dari banyaknya penjual-penjual hijab dan kerudung
yang memenuhi hampir di semua pusat-pusat perbelanjaan. Banyak pula buku-buku
yang sengaja ditulis dan dicetak untuk memberikan panduan dan variasi
penggunaan hijab sehingga semakin banyak lagi para wanita dan remaja putri yang
akhirnya memilih untuk mengenakan hijab sebagai penutup kepala mereka.
Usaha hijab ini adalah
salah satu usaha yang memiliki kemungkinan rugi yang sangat kecil karena hijab
merupakan produk yang tidak mudah rusak dan tidak bisa basi. Penyimpanan yang
benar, keterampilan dalam menciptakan variasi baru serta mengkombinasikan model
hijab dengan gaya yang up to date akan membuat hijab tersebut akan laku dijual.
1.
Manfaat Usaha
a.
Manfaat Ekonomi
Usaha hijab ini cukup menjanjikan,
karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan
kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi dengan produk
yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan terjamin.
Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.
b.
Manfaat Sosial
1)
Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan
usaha ini dapat berkembang ke berbagai daerah bahkan ke luar negeri. Usaha
hijab ini cukup menjanjikan bagi kami, karena masih banyak daerah-daerah di
Indonesia yang belum dapat mencoba mengenakan model hijab instan karena
kesulitan dalam mencari di toko-toko, sehingga kita dapat memasarkannya ke
daerah tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat
dijadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran
dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang
diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya
karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain
sebagainya.
2)
Bagi Masyarakat
Dengan
adanya “Ricka Hijab” dapat
memudahkan masyarakat memperoleh produk hijab dengan berbagai variasi model.
Sehingga diharapkan masyarakat akan menjadi lebih konsumtif, serta dapat pula
menumbuhkan kesadaran atau ketertarikan masyarakat untuk menggunakan hijab.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Profil
Perusahaan
Nama Usaha : Ricka
Hijab
Jenis Usaha : Hijab Instan
Alamat Usaha : Online Shop
Pemilik :
Ricka Marliyani Putri
B. Manajemen
·
Struktur organisasi
Pemilik : Ricka Marliyani
Bagian pemasaran : Raden Roro Yuantika dan Sri Dewi Sekar
Bagian keuangan : Devi Permatasari
Bagian produksi : Melisa Dwi Sukowati dan Eka Fitriani
·
Bentuk Organisasi
Bagian pemasaran : yaitu bagian yang
menangani aktivitas penjualan dan pemasaran tersebut, juga mereka yang berhubungan langsung dengan
konsumen.
Bagian keuangan :
bertugas untuk mengatur keuangan usaha dan membuat laporan Keuangan setiap bulannya. Dan juga merekam semua transaksi yang terjadi
Bagian produksi : yaitu bagian yang bertugas memproduksi berbagai jenis hijab yang akan kami pasarkan.
C. Detail
Produk
Produk
yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen yaitu hijab instan dengan
berbagai model yang dimiliki, seperti:
·
Zaenab Instan
·
Sarah Instan
·
Amira Instan
·
Fatimah Instan
·
Mauza Instan
·
Sala Instan
·
Tania Instan
·
Bergo Lace
·
Bergo Simple
·
Bergo Rempel
·
Khimar Lace
·
Khimar Simpel
·
Khimar Rempel
·
Salsa Instan
·
Square Laudya Bella
·
Yana Instan
Dengan
memiliki berbagai macam variasi tersebut maka masyarakat dapat memilih model
hijab yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk
yang kami berikan menggunakan bahan diamond
georgette
dan mosscrepe yang dapat menyerap keringat sehingga membuat
konsumen yang memakai tetap merasa adem dan segar setiap saat.
D. Pangsa
Pasar
Pangsa
pasar Ricka hijab yaitu mencangkup semua kalangan masyarakat khususnya wanita,
baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan
tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karena
harga yang kami berikan cukup terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Harga
yang kami berikan yaitu mulai dari Rp. 30.000
hingga Rp. 48.000.
E. Pesaing
Usaha
hijab kami memiliki banyak pesaing di dunia online ( usaha sejenis yang bergerak di bidang hijab),
disinilah kami dituntut untuk selalu berinovasi dan memberikan
kreativitas-kreativitas yang baru kepada konsumen untuk menarik konsumen agar
membeli produk kami.
F. Anggaran
RENCANA PENDAPATAN
A.
Hasil Penjualan
Rincian hasil penjualan Per hari
sebagai berikut:
Jenis Produksi
|
Harga
|
Jumlah
|
Pashmina Instan
|
Rp 45.000 x 10
|
Rp 450.000
|
Bergo
|
Rp 40.000 x 8
|
Rp 320.000
|
Khimar
|
Rp 40.000 x 15
|
Rp 600.000
|
Square
|
Rp 30.000 x 20
|
Rp 600.000
|
Total penjualan perhari
|
Rp 2.270.000
|
B.
Rencana Upah Tenaga Kerja
Adapun rencana upah tenaga kerja
1(satu) bulan
1 orang
bagian keuangan
|
= Rp 400.000,00
|
2 orang bagian produksi
|
= Rp 1.200.000,00
|
2 orang pemasaran produk (Sales Promotion )
|
= Rp 1.200.000,00
|
Jumlah
|
= Rp
2.800.000,00
|
C. Perkiraan Pendapatan dan Pengeluaran
per bulan
I.
Pendapatan penjualan perbulan
30
X Rp 2.270.000
Rp. 68.100.000
II.
Pengeluaran per bulan
1.
Bahan baku 50% X Rp 2.290.000 Rp. 1.145.000
2.
Upah tenaga kerja Rp. 2.800.000
3.
Biaya lain lain
- Transportasi Rp. 200.000
- Uang
makan Rp 20.000 x 21 hari Rp. 420.000
- Lain
lain 10% X Rp. 2.290.000 Rp. 229.000
__________________+
Jumlah
pengeluaran perbulan Rp. 4.794.000
__________________-
Pendapatan
per bulan Rp. 63.306.000
PERKIRAAN ARUS UANG
A. Sumber Modal
No
|
Sumber Modal
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
|
Modal Sendiri
|
Rp 1.812.000,00
|
|
Total
|
Rp 1.812.000,00
|
B. Modal
atau Investasi
Jenis
Investasi
|
Jumlah
|
Total
|
Mesin Jahit
Benang
Jarum
Plastik Kemasan
Logo Produk
Gunting Kain
Plastik Packaging
|
2 buah x
Rp. 1.500.000
24
gulungan x Rp. 2.500
1 pcs x
Rp.15.000
3 pack
(100pcs) x Rp.13.000
3 buah x
Rp.50.000
Besar: 2 x
30.000
Kecil: 2 x
20.000
|
Rp. 3.000.000
Rp. 60.000
Rp. 15.000
Rp. 39.000
Rp. 500.000
Rp. 150.000
Rp. 60.000
Rp. 40.000
|
Rp 3.864.000
|
Bahan Baku
No
|
Nama bahan baku
|
Harga
|
Jumlah
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
|
Cat
Rubber
Kain Diamond georgette
Kain Mosscrepe
Renda Rajut
|
2 x Rp 15.000,00
50 x
25.000
20 x
30.000
gulungan
|
Rp. 30.000
Rp. 1.250.000
Rp. 600.000
Rp. 45.000
|
|
Total
|
Rp1.9250.000
|
Jumlah modal keseluruhan = Rp 1.812.000,00 + Rp 3.864.000,00
=
Rp 5.676.000,00
G. Lampiran
BAB III
PENUTUP
Hijab adalah suatu kewajiban bagi
seorang muslimah sebagia penutup aurat mereka, hijab juga sabagai salah satu
fashion bagi kalangan wanita, untuk mempercantik dirinya. Dengan beriringnya
perkembangan zaman, hijab pun ikut serta dalam perkembangan zaman dalam dunia
fashion, maka dari itu kami akan mengembangkan berbagai jenis kreasi hijab.
Demikianlah proposal bisnis ini kami
buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME atas segala rahmat dan
hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal bisnis ini. Dan tidak
lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu
dalam membuat proposal ini. Semoga proposal ini dapat diterima oleh pihak-pihak
yang berkepentingan karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai
usaha hijab instan ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini kami berharap
dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan.
Segala
saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak,
karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran
dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami
agar dapat menjadi lebih baik lagi. Atas segala waktu dan perhatiannya kami
ucapkan terima kasih.
Komentar
Posting Komentar